Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Permasalahan dan Spesifikasi Perangkat Kelas + Contoh Soal

permasalahan perangkat keras

Permasalahan dan Spesifikasi Perangkat Keras

Teman-teman kelas 7 SMP sudah mulai dapat pelajaran informatika. Salah satunya adalah materi perangkat keras komputer. 

Di antara kedua komponen tersebut, perangkat keras komputer atau hardware berperan untuk menghubungkan pengguna dengan sistem komputer. Hal ini disebabkan karena perangkat keras komputer memiliki bentuk fisik dan dapat dioperasikan secara langsung oleh pengguna.

Sama seperti perangkat lainnya, perangkat keras juga bisa mengalami permasalahan. Contoh soal permasalahannya bisa teman-teman dapatkan di halaman 97 buku pelajaran informatika kelas 7 kurikulum Merdeka.

Perangkat keras komputer karena berupa objek fisik dapat menjadi aus karena terpengaruh suhu panas dan dingin. Sebuah perangkat keras atau alat elektronik apa pun tidak mungkin selamanya bertahan dan berfungsi dengan baik walaupun sudah dipakai dengan hati-hati. Ada berbagai kemungkinan kerusakan yang bisa saja terjadi. 

Kalian perlu mengetahui bagaimana mencegah supaya tidak cepat rusak, dan mengantisipasinya jika terjadi kerusakan. Ada kerusakan yang masih dapat diperbaiki, ada yang tidak bisa lagi. Selain itu, beberapa peranti elektronik tidak boleh dibongkar sendiri karena garansi hanya diberikan jika peranti dibuka oleh petugas dari penjual resminya. 

Tentunya, kita tidak berharap bahwa alat elektronik, terutama komputer, ponsel, tablet, apa pun rusak. Namun, berjaga-jaga dan mengenali berbagai jenis kerusakan perangkat keras ada gunanya sebab membuat kita bersiap-siap. Kita dapat membuat back up dengan flashdisk sehingga jika terjadi kerusakan pada peranti, kita masih memiliki back-up.

Aktivitas SK-K7-07-U Permasalahan pada Perangkat Keras

Diskusikan pertanyaan berikut dengan teman kalian. Pilih jawab pertanyaan yang paling tepat dari diskusi dan catat di lembar kerja siswa, jawaban bisa lebih dari beberapa poin.

  1. Pernahkah kalian melihat sebuah alat elektronik, misalnya televisi atau laptop yang saat dinyalakan tidak berfungsi seperti biasa? Carilah informasi tentang berbagai kemungkinan alat elektronik atau komputer tidak mau menyala.
  2. Jika kalian menggunakan laptop dalam 12 jam berturut-turut tanpa dimatikan, kira-kira apa yang akan terjadi?
  3. Pernahkah kalian melihat baterai smartphone atau bagian belakang smartphone yang menggelembung? Apa kira-kira penyebabnya? Carilah informasi tentang baterai yang menggelembung dengan memanfaatkan mesin pencari.
  4. Menurut kalian, bagaimana caranya komputer mendeteksi adanya error pada alat input-output yang ada di dalamnya?
  5. Bagaimana cara menemukan solusi untuk HP atau laptop yang mengalami hang (tiba-tiba diam dan tidak berfungsi seperti biasa)? Jika fasilitas internet tersedia, carilah informasi untuk mengatasi komputer dan HP yang nge-hang. Kata kunci apa yang kalian gunakan untuk mencari informasi tersebut?
Silahkan kalian diskusikan pertanyaan tersebut, dan carilah informasi dari internet untuk mengetahui permasalahan diatas.


Post a Comment for "Materi Permasalahan dan Spesifikasi Perangkat Kelas + Contoh Soal"