Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Informatika Kelas 7 Optimasi Penjadwalan | Mengisi Ember

otimasi penjadwalan

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita perlu mengatur jadwal untuk berbagai kegiatan. Misalnya, dari pukul 07.00 - pukul 12.00, kita sekolah. Setelah sekolah, ada beberapa kegiatan yang bisa kita ikuti mislanya mengerjakan PR, belajar musik, belajar memasak, bermain besama teman, dan lainnya.

Dengan demikian kita harus memilih kegiatan mana saja yang akan kita lakukan pada hari tertentu dan tentunya, kita perlu juga mengatur jadwal agar kegitan-kegiatan tersebut tidak bertabrakan waktunya.

Dalam mengatur kegiatan terkadang ditemukan ada dua atau lebih pekerjaan yang dapat dilakukan secara paralel. Mislanya, ketika kalian akan mengerjakan PR, ibu meminta kalian untuk mendidihkan air yang berada pada sebuah panci besar. Kalian dapat menyalakan kompor dan menaruh panci berisi air di atas kompor tersebut. 

Tentunya kalian tidak perlu menunggu air sampai mendidih terlebih dahulu baru mulai mengerjakan PR. Kalian bisa mengerjakan PR selagi menunggu air tersebut mendidih.

Pada kesempatan kali ini kita akan memecahkan suatu masalah pekerjaan agar memakan waktu yang lebih singkat. Berikut adalah kasus soalnya yaitu Mengisi Ember.

Bobo diminta oleh ayahnya untuk mengisi penuh tiga buah ember dengan air. Di rumah bobo, hanya terdapat dua pancuran airyang dapat digunakan untuk mengisi ember-ember tersebut. untuk memenuhi satu ember dengan air, diperlukan waktu satu jam. Pengisian air pada setiap ember dapat dibagi menjadi beberapa tahap.


Tantangan.

Berapakah waktu tersingkat yang diperlukan oleh bobo untuk mengisi penuh ketiga ember tersebut?

Jawab kalian adlah: ... jam ... menit.

Di sini kita akan menyelesaikan permasalahan pekerjaan yang akan dilakukan oleh Bobo, simak baik-baik penjelasan penyelesaian kasus pekerjaan di atas berikut ini.

Penjelasan

Proses pengisian ember terbagi menjadi tiga tahap yang masing-masing tahap terdiri atas tiga puluh menit. Berikut adalah gambaran proses pengisian ember.


Soal ini menampilkan masalah optimasi penjadwalan. Penjadwalan digunakan dalam bidang Informatika ketika beberapa pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat karena pekerjaan tersebut dibagikan ke beberapa CPU untuk diproses: kita memilih CPU mana yang akan mengerjakan tugas tertentu dan kita dapat menentukan durasi pekerjaannya. Terdapat banyak algoritma penjadwalan. Salah satu algoritma termudah adalah “first come, first served” – “pekerjaan yang datang terlebih dahulu, dikerjakan terlebih dahulu.” 

Dalam soal pengeisian ember ini, bisa saja kita mengisi ember 1 dan ember 2 hingga penuh, lalu dilanjutkan dengan pengisian ember ke­3. Namun, solusi tersebut bukanlah solusi yang optimal. Kita perlu memecah pekerjaan menjadi beberapa pekerjaan. Penting untuk memilih dengan saksama cara untuk mengatur penugasan agar tercapai optimasi.

Jadi jawaban atas permasalahan yang dihadapi oleh Bobo untuk mengisi ember yaitu:

1 jam 30 menit.

Post a Comment for "Materi Informatika Kelas 7 Optimasi Penjadwalan | Mengisi Ember"