Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Informatika Kelas 7 Algoritma (Gelang Warna-Warni)

Menurut kalian, apa arti dari pola? Pola dapat digunakan untuk mendefinisikan sebuah bentuk atau struktur yang tetap. Dalam mengerjakan berbagai kegiatan, terkadang kita harus mengikuti pola atau aturan-aturan tertentu. Misalnya: seorang siswa diperbolehkan mengikuti ujian jika membawa kartu bukti peserta ujian. Atau, seorang peserta pertandingan olahraga diperbolehkan mengikuti pertandingan jika sudah menyerahkan formulir pendaftaran dan lolos dari pemeriksaan kesehatan

Pada kesempatan kali ini kita akan memecahkan soal atau permasalahan algoritma dengan aturan-aturan yang berlaku. berikut adalah soal permasalahn yang akan kita selesaikan.

Soal Permasalahan:

Kiki sedang membuat gelang dari manik-manik berbentuk bulat. Urutan warna manik-manik pada gelang tersebut adalah merah (M), hijau (H), kuning (K), dan biru (B). Selama empat warna manik-manik tersebut masih tersedia, Kiki tidak akan mengubah urutan warnanya. Setelah memasukkan manikmanik biru, Kiki akan kembali memasukkan manik-manik berwarna merah.


Jika salah satu warna manik-manik habis, Kiki akan meneruskan membuat gelang dengan manik-manik yang tersisa. Manik-manik yang bersebelahan tidak boleh berwarna sama. Kiki memiliki:

• Lima buah manik-manik merah (M)
• Tiga buah manik-manik hijau (H)
• Tujuh buah manik-manik kuning (K)
• Dua buah manik-manik biru (B)

Tantangan

Berdasarkan ketersediaan manik-manik dan aturan urutan warnanya, berapa banyak manik-manik yang dapat dirangkai oleh Kiki?

Pilihan Jawaban
A. 8 B. 17 C. 15 D. 5

Penyelesaian

Sekarang kita akan mencoba untuk menyelesaikan soal permasalahan di atas. Dan jawaban yang benar adalah 15. Berikut cara penyelesaiannya.

Keterangan: M = merah, H = Hijau, K = kuning, B = biru


Walaupun setelah iterasi ke­5 manik­manik kuning masih tersisa dua buah, tetapi manik­manik tersebut sudah tidak dapat digunakan karena ada syarat untuk tidak boleh menggunakan manik­manik berwarna sama untuk dirangkai bersebelahan. 

Pada umumnya, jika siswa tidak membaca soal ini dengan baik, siswa akan menjawab dengan terburu buru dengan menjumlahkan semua banyaknya manik­manik, yaitu 5 + 3 + 7 + 2 = 17 buah.

Itulah cara menyelesaikan soal permasalahan tentang gelang warna-warni yang bisa saya share kali ini. 

Post a Comment for "Materi Informatika Kelas 7 Algoritma (Gelang Warna-Warni)"