Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Dan Tingkat Kerumitan Database

Ukuran Dan Tingkat Kerumitan Database - Database dapat memiliki ukuran dan tingkat kerumitan yang beragam, mulai dari yang hanya berisi beberapa tabel dan baris data sampai ke yang erisi milyaran baris data.

Database yang hanya digunakan user tunggal dan di simpan di dalam komputer tunggal sering dinamakan sebagai personal database. Database semacam ini biasanya hanya berfungsi untuk mengolah data yang sangat sederhana dan berukuran kecil, dan ditujukan untuk keperluan pribadi seperti pencatatan buku telepon, koleksi buku atau foto, dan lain-lain. 

Ada juga yang dinamakan sebagai departemental database atau workgroup database. Tipe database ini digunakan oleh sekelompok user dalam suatu departemen atau atau bidang pekerjaan dan biasanya ukurannya lebih besar dan tingkat kerumitan yang lebih dibandingkan personal database. Alasannya, database tipe ini harus mampumenangani kejadian dimana beberapa orang user mencoba untuk mengakses satu data yang sama pada saat yang bersamaan. 

Terakhir, enterprise database. Pada umumnya tipe database ini berfungsi untuk mengolah data yang sangat besar dan mampu mengintegrasikan antara setiap divisi atau bidang pekerjaan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dalam mengolah enterprise database, diperukan seorang database administrator (DBA) yang berpengalaman dan berkemampuan tinggi.



Reference: Budi Rahardjo

Post a Comment for "Ukuran Dan Tingkat Kerumitan Database"