Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Informatika Kelas 7 (Fase D) Aplikasi Perkantoran dan Sistem Komputer


Microsoft Office (Aplikasi Perkantoran)

Microsoft Office adalah salah satu perangkat lunak yang memiliki banyak fungsi untuk mengelola dan menghasilkan data dengan baik. Tidak heran jika banyak pengguna, baik yang bekerja di kantor hingga mahasiswa yang menggunakan Microsoft Office supaya bisa memenuhi kebutuhannya. Jenis atau layanan dari Microsoft Office yang paling populer saat ini adalah Microsoft Word, Excel dan PowerPoint.

Pengertian Microsoft Office Adalah

Microsoft Office adalah sebuah paket perangkat lunak dan juga perangkat server yang telah dikembangkan Microsoft. Secara umum, Microsoft Office adalah digunakan untuk alat mempermudah aktivitas di dunia kerja dan bagi mahasiswa. Tidak bisa dipungkiri semakin banyak masyarakat yang menggunakan Microsoft Office saat ini.

Microsoft Office juga memiliki fungsi lainnya, seperti di bidang pendidikan untuk mengolah dan menghasilkan data, membuat surat, membuat slide presentasi, menyimpan data, mengirim email dan yang lainnya. Microsoft Office dulunya hanya tersedia di versi desktop dan sekarang bisa Anda dapatkan dengan mudah di operasi sistem Windows dan macOS.

Anda juga bisa menggunakan Microsoft Office di Android dan iOS karena sudah tersedia aplikasinya. Selanjutnya Microsoft Office dapat diakses pada versi web sehingga Anda bisa menjalakan Office melalui web browser dengan mudah.

Jenis-jenis Layanan Microsoft Office Adalah

Microsoft Word
Microsoft Word adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengolah kata. Perangkat lunak ini biasa digunakan oleh masyarakat umum untuk berbagai keperluan. Perangkat lunak ini dirilis pada tanggal 21 Oktober tahun 1938.

Sekarang Microsoft Word sudah tersedia di sejumlah sistem operasi, seperti macOS, Windows, iOS dan juga Android. Perangkat lunak ini juga memiliki fungsi yang cukup bagi penggunanya karena bisa menghemat waktu dan tenaga pada saat membuat dokumen. Anda juga bisa mengolah data yang berkaitan dengan kata-kata secara mudah dan bisa meminimalisir kesalahan dalam penulisan.

Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah perangkat lunak yang kerap digunakan di dunia akuntansi. Perangkat lunak yang satu ini bisa digunakan untuk mengatur data keuangan pada suatu perusahaan dengan mudah dan juga efisien. Banyak masyarakat yang menganggap Microsoft Excel satu ini sebagai alat manajemen data.

Data yang sering dikelola menggunakan perangkat lunak ini adalah keuangan. Fungsi lainnya dari Ms Excel adalah untuk menganalisa keuangan, pemasukan, pinjaman, pengeluaran dan juga riset harga dengan mudah dan efisien.

Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint adalah program yang berfungsi untuk presentasi. Dengan adanya perangkat lunak satu ini Anda bisa membuat, mengatur, dan format suatu file presentasi jadi lebih menarik sebelum Anda tampilkan kepada peserta atau penonton. Banyak masyarakat yang menggunakan Ms PowerPoint ini sebagai alat presentasi di perkantoran, perkuliahan, trainer dan yang lainnya.

Selain itu, fungsi lainnya dari Microsoft Office adalah sebagai alat memudahkan presentasi. Ms PowerPoint ini juga memiliki manfaat yang lainnya. Contohnya adalah untuk mengakses sejumlah perangkat komputer, baik untuk versi desktop hingga smartphone dan juga membuat slide presentasi profesional dengan didukung fitur yang menarik. Fitur yang tersedia di perangkat lunak ini, seperti video, gambar, audio, animasi, template atau desain dan yang lainnya.

Microsoft OneNote
Microsoft OneNote adalah perangkat lunak yang berfungsi membuat catatan menggunakan fitur kolaborasi multi-pengguna. Dengan adanya perangkat lunak satu ini, Anda bisa mengoperasikan di berbagai keperluan dengan mudah.

Contohnya adalah untuk mengolah catatan, kliping layar, gambar dan komentar audio. Nah, menariknya lagi di perangkat lunak ini Anda bisa berbagi dengan pengguna OneNote yang lainnya dengan internet.

Microsoft Outlook
Microsoft Outlook adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengirim, menerima dan membaca pesan email, seperti Gmail. Namun, perangkat lunak satu ini mempunyai fungsi lainnya juga, seperti membuat draft rencana maupun penjadwalan acara, membuat dan mengatur buku alamat dan yang lainnya.

Nah, dengan memakai layanan Microsoft Office adalah Anda bisa memberikan manfaatnya dan contohnya adalah bisa mengakses pesan secara terorganisir dan juga bisa meningkatkan produktivitas kerja bagi penggunanya, khususnya adalah seorang administrasi. Perangkat lunak ini mempunyai kelayakan kerja serta bisa meningkatkan produktivitas pengguna di dunia kerja.

Microsoft OneDrive
Microsoft OneDrive adalah layanan hosting file dan juga sinkronisasi yang berfungsi untuk mengunggah dan menyinkronkan file ke suatu penyimpanan atau cloud. Pengguna bisa mengaksesnya di perangkat tertentu dengan mudah. Perangkat yang satu ini memiliki fitur editor melalui web khusus untuk dokumen Office, seperti Ms Word, Excel, PowerPoint dan juga OneNote.

Microsoft Teams
Microsoft Excel adalah platform komunikasi yang berfungsi untuk membuat komunikasi dan juga informasi pengguna secara lancar dan aman. Platform yang satu ini berkolaborasi dengan menggabungkan fitur percakapan kerja, penyimpanan berkas, rapat video dan juga integrasi aplikasi.

Nah, itulah dia jenis atau layanan Microsoft Office yang bisa digunakan dengan baik sesuai dengan fungsi dan kebutuhan Anda.

Sistem Komputer

Komputer (computer) adalah kata dari bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung. Kini, komputer memiliki makna sebuah peranti elektronik yang dapat menerima data masukan (input)/perintah, memproses (process) data masukan tersebut, memproduksi keluaran (output), dan menyimpan data dalam penyimpanan sekunder (secondary storage). Komputer berkembang menjadi sistem komputer yang merupakan kombinasi dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mampu melakukan pekerjaan tertentu. Perangkat keras (hardware) adalah komponen fisik dari komputer dan perangkat lunak (software) adalah program yang berjalan di perangkat keras tersebut.

Perangkat Keras - Hardware

Perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki wujud fisik yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna sebagai perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor), memori dan penyimpan (storage). Perangkat keras terdiri atas perangkat masukan

1. Perangkat Masukan (Input Devices)

Peranti masukan adalah peranti yang mengirimkan data ke komputer untuk diolah. Jenis-jenis peranti masukan ialah seperti berikut.

Mouse atau tetikus
Mouse atau tetikus digunakan untuk menggerakkan dan mengatur posisi kursor di layar komputer. Pengoperasian mouse dapat dengan beberapa cara. Tunjuk (Point), posisikan: Mouse akan menunjuk ke suatu objek antarmuka di layar komputer. Klik kiri (Left Click): Menekan tombol mouse sekali dan segera melepaskannya. Klik ganda (Double Click): Menekan tombol mouse dua kali berurutan dengan cepat tanpa menggeser mouse.

Klik kanan (Right Click): Klik kanan dapat dilakukan satu kali untuk menampilkan menu tertentu. Seret (Drag): Digunakan untuk memindahkan suatu objek antarmuka seperti gambar, icon, teks, dan sebagainya. Caranya dengan menunjuk objek yang akan dipindah sambil menekan tombol kiri mouse, lalu geser mouse sesuai yang dikehendaki. Setelah sampai pada bagian yang dikehendaki tombol mouse dilepas.

Keyboard
Keyboard atau papan tombol adalah alat yang memungkinkan penggunanya untuk memasukkan karakter (character) ke dalam komputer. Karakter tersebut berupa huruf, angka, dan simbol.

Scanner
Scanner digunakan untuk memindai dan menyalin Data dari kertas berisi grafik, gambar, foto, atau tulisan menggunakan alat pembaca optical data reader. Cara kerja scanner adalah dengan menempatkan sebuah obyek di atas kaca scanner, yang kemudian akan dibaca oleh optical data reader

Joystick
Joystick digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan/game video yang menggunakan lebih dari satu tombol. Joystick digunakan untuk menggerakan kursor pada layar permainan.

2. Pemroses

Data atau perintah yang diterima dari peranti masukan selanjutnya akan diproses oleh komputer. Pemroses ini terdiri atas banyak komponen, yaitu seperti berikut. 

Unit Pusat Pemrosesan (Central Processing Unit)
Central Processing Unit (CPU) adalah bagian utama dari komputer yang bertugas untuk melaksanakan keseluruhan operasi yang dilakukan oleh komputer seperti operasi aritmatika, logika, pengendalian, dan input/ output dasar. CPU memiliki tiga komponen utama, di antaranya register, unit kendali/ Control Unit (CU), dan unit logika aritmatika/ Arithmetic-Logic Unit (ALU). CPU merupakan otak dan jantung fisik dari Sistem Komputer yang menghubungkannya dengan berbagai peralatan periferal, termasuk peranti input/output dan unit penyimpanan sekunder. Di komputer modern, CPU terdapat pada chip sirkuit terintegrasi yang disebut processor, main processor, central processor atau mikroprosesor.

Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM)
Pemrosesan dengan menggunakan CPU tidaklah efisien untuk data yang besar sehingga diperlukan tempat penyimpanan tambahan. Peranti tersebut tertanam pada main board/ motherboard komputer, yang terdiri atas: Random Accese Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM).

Random Access Memory (RAM)
RAM adalah jenis memori sangat cepat yang di gunakan untuk menyimpan data sementara saat kom puter memproses data atau mengeksekusi perintah. Saat data dari file di penyimpan sekunder akan
dimuat ke CPU untuk diolah, data tersebut akan dimuat di RAM agar dapat diproses lebih cepat.
Contoh, saat akan memanipulasi gambar bunga (“flower.jpg”), gambar tersebut akan dimuat di RAM dan dimanipulasi di RAM. Data pada RAM dapat diakses secara acak (tidak harus terurut). RAM adalah memori elektronik, di mana semua data disimpan dalam rangkaian arus listrik dan transistor sehingga hanya ada sedikit latensi (keterlambatan). Namun, karena data RAM disimpan secara elektronik, data di RAM akan hilang ketika tidak ada daya listrik. 
Read Only Memory (ROM) 
ROM adalah memori pada komputer yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang ditulis oleh produsen komputer untuk proses booting, instruksi yang disimpan oleh ROM disebut firmware. Data yang pernah ditulis di ROM tidak dapat dihapus. Instruksi ROM dijalankan secara otomatis saat komputer menyala. Pada komputer, ROM bisa berisi sistem operasi kecil yang disebut Basic Input Output System (BIOS).

3. Alat Output (Output Devices)

Peranti keluaran adalah peralatan yang menyajikan informasi dari komputer yang bisa berupa tampilan di layar monitor, gambar tercetak, suara yang dihasilkan oleh speaker, dan lainnya. Peranti keluaran di antaranya adalah sebagai berikut. 

Layar Monitor
Layar monitor berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data di komputer, seperti gambar, teks, angka, grafik, dan sebagainya. Ada beberapa jenis monitor yang biasa digunakan, seperti Cathode Ray Tube (CRT), Liquid Crystal Display (LCD), dan LightEmitting Diode (LED).

Printer
Printer digunakan untuk mencetak gambar, foto, dokumen dalam bentuk media kertas. Ada beberapa jenis printer yang kini masih digunakan di antaranya printer dot matrix, inkjet, laserjet, dan plotter.

Speaker
Alat untuk menghasilkan suara dari komputer, seperti musik, percakapan di film, dan efek suara lainnya dinamakan speaker.

4. Peranti Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device) 

Peranti penyimpanan sekunder adalah tempat penyimpanan data elektronis yang bersifat permanen. Data yang disimpan pada penyimpanan sekunder dapat bertahan lama dan dapat dimanfaatkan kembali oleh penggunanya saat dibutuhkan. Peranti penyimpanan sekunder di antaranya seperti berikut. Hard Disk Drive (HDD) Hard disk adalah media penyimpanan data dalam lapisan magnet pada piringan bulat (cakram) disk tipis. Saat ini (2020), kapasitas penyimpanan yang dapat disimpan di hard disk bervariasi, dari 256 GB (GigaByte) hingga 18 TB (TeraByte). Data yang disimpan dalam cakram hard disk tidak akan hilang bahkan ketika tidak ada daya listrik (bersifat nonvolatile).

Solid State Drive (SSD)
Solid-state drive (SSD) adalah peranti penyimpanan data dengan solid-state yang menggunakan flash memory. SSD tidak memiliki disk, pemutar fisik, dan head untuk baca-tulis yang biasa digunakan pada HDD. 

Flash drive
Flash drive berfungsi sebagai alat penyimpan data secara permanen yang portabel. Flash drive menggunakan flash memory dan biasanya menggunakan antarmuka USB. Kapasitas penyimpanan dalam USB Flashdisk (2018) bervariasi mulai dari 8 GB, 256 GB, bahkan sampai 2TB. Flash drive biasanya digunakan untuk penyimpan data, data back-up, dan alat pemindahan data. Cara menggunakan flash drive dengan memasukkannya ke Port USB pada komputer, laptop, atau notebook. Tunggu beberapa saat sampai komputer mendeteksi adanya hardware baru yang telah ditambahkan.

Memory Card (SD Card)
Memory Card atau SD (Secure Digital) card berfungsi seperti layaknya hard disk pada komputer yang digunakan pada peranti portabel seperti smartphone, kamera digital, dan tablet. Di dalam memory card terdapat Content Protection for Recordable Media (CPRM) untuk mencegah pembajakan serta adanya fitur Write-Protect yang mencegah penghapusan isi memori secara tidak sengaja. 

Teknologi Penyimpanan Awan (Cloud Storage )
Saat ini, kebutuhan penyimpanan data terus berkembang sehingga memunculkan teknologi penyimpanan yang inovatif. Salah satu teknologi tersebut adalah teknologi Cloud Storage yang merupakan metode penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola pihak penyedia layanan internet,
atau Internet Service Provider (ISP). Untuk menggunakannya, pengguna teknologi awan memerlukan koneksi Internet untuk mengakses datanya. 

Post a Comment for "Materi Informatika Kelas 7 (Fase D) Aplikasi Perkantoran dan Sistem Komputer"