Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Informatika Kelas 7 (Fase D) "Koneksi Internet"

Materi Koneksi Internet ini masuk dalam elemen informatika yaitu Jaringan Komputer dan Internet, sebelum membahas lebih lanjut kita akan membahas sekilas terlebih dahulu mengenai Jaringan Komputer dan Internet (JKI).

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah himpunan perangkat komputer yang terhubung satu sama lain. Jaringan komputer adalah jaringan yang terdapat pada suatu lokasi yang disusun dari beberapa komputer beserta alat elektronik lainnya yang saling terhubung untuk melakukan pengolahan data, penyebaran informasi dan pertukaran data (Chandra & Kosdiana, 2018).

Terhubungnya beberapa perangkat berarti perangkat-perangkat yang berada dalam jaringan itu dapat berbagi data dan informasi satu sama lain, baik berupa teks, gambar, dokumen, maupun interaksi langsung seperti chatting hingga berbagi penggunaan aplikasi dan perangkat keras seperti printer dan scanner.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jaringan Lokal (Local Area Network/LAN)

Jaringan lokal adalah jaringan komputer berkabel maupun nirkabel (tanpa kabel) yang menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya dalam area terbatas seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung kantor (Tim Kemdikbud, 2021). Intinya, jaringan lokal atau local area network memiliki cakupan atau jangkauan yang relatif kecil.

Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya dalam area cukup luas yang masih mencakup dalam kota (metropolitan). Jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan lokal. Mudahnya, jaringan lokal kantor A dihubungkan dengan jaringan lokal kantor B yang bisa jadi jaraknya dekat atau cukup berjauhan satu sama lain. Jangkauan area yang dicakup pada jaringan ini berkisar antara 10 hingga 50 Km.

Penggunaan jaringan MAN meliputi berbagai lokasi yang jaraknya tidak terlalu jauh, misalnya pada jaringan kampus, area perkantoran, dan lokasi pemerintahan yang terintegrasi. Namun terdapat pula kantor perusahaan yang dihubungkan pada pabrik atau instansi serta bangunan lainnya yang jaraknya cukup berjauhan namun masih berada pada jangkauannya (Anand et al., 2019).

Wide Area Network(WAN)

Wide Area Network adalah jaringan komputer yang memiliki jangkauan koneksi yang sangat luas, bahkan umumnya mencakup area suatu negara . Jaringan tersebut memiliki kemampuan untuk mendukung terciptanya hubungan komunikasi antara beberapa perangkat yang memiliki jarak berjauhan. Seperti MAN, jaringan ini juga menginterkoneksikan beberapa jaringan kecil yang digunakan sebagai penyedia akses untuk beberapa peralatan jaringan baik komputer maupun alat lainnya pada tujuan tempat yang diinginkan (Voronin & Davydov, 2017).



Wireless Local Area Network (WLAN)

Mungkin koneksi internet yang dihubungkan ke perangkat melalui kabel sudah kurang umum atau berkurang drastis di kehidupan sehari-hari. Hal ini berkaitan dengan semakin maraknya penggunaan WiFi yang menghubungkan perangkat kita menggunakan jaringan nirkabel atau wireless.

Jaringan tersebut menggunakan teknologi tanpa kabel atau menggunakan sinyal sebagai penyedia koneksi untuk komputer-komputer agar saling terhubung yang disebut dengan WLAN. WLAN memanfaatkan gelombang radio sebagai media transmisi untuk pengiriman dan penyebaran datanya (Kusriyanto & Putra, 2017)

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Ethernet / LAN Card

LAN Card atau kartu jaringan adalah pheriperal yang memungkinkan suatu perangkat dapat terhubung pada suatu jaringan komputer. Kartu ini kebanyakan sudah tersedia dan terintegrasi pada motherboard PC dan perangkat lainnya. Pheriperal ini juga dikenal sebagai Ethernet dan terdiri dari varian berkabel maupun nirkabel.

Router

Router adalah peralatan jaringan yang dapat menghubungkan jaringan satu dengan jaringan yang lain. Misalnya, router digunakan untuk menghubungkan jaringan berkabel dengan jaringan nirkabel agar dapat diakses oleh perangkat lain tanpa menggunakan kabel.

Kabel Jaringan

Seperti namanya, kabel jaringan adalah kabel yang dapat menghubungkan beberapa perangkat komputer. Meskipun kini koneksi nirkabel jauh lebih banyak digunakan, koneksi menggunakan kabel masih menjadi yang paling cepat dan stabil. Terdapat beberapa jenis kabel jaringan seperti kabel UTP, STP, dan fiber optic. Kabel yang umum digunakan pada jaringan lokal adalah kabel RG-45.

Hub

Menurut Sofana (2013, hlm. 68) hub adalah peralatan yang dapat menggadakan frame data yang berasal dari satu komputer ke semua port yang ada pada hub tersebut. Sehingga semua port yang terhubung dengan port hub akan menerima data juga. Hub adalah perangkat keras yang praktis yang dapat digunakan untuk mengoneksikan banyak komputer secara sekaligus.

Komputer Server

Komputer server adalah komputer yang memiliki kemampuan komputasi yang lebih tinggi serta memiliki daya tahan yang jauh lebih baik dari komputer biasa. Hal itu karena komputer server akan dinyalakan non-stop selama 24 jam agar dapat terus melayani komputer-komputer client-nya. Oleh karena itu biasanya komputer server di tempatkan pada ruang khusus dengan sistem pendingin dengan tata letak yang khusus pula.

Koneksi Internet

Internet adalah jaringan komputer global yang mampu menghubungkan komputer di berbagai belahan dunia. Ketika kita ingin menghubungkan peranti kita dengan internet, ada berbagai cara atau teknologi yang dapat kita gunakan. Diantara teknologi yang sering kita jumpai adalah menghubungkan peranti kita dengan teknologi tanpa kabel yang sering disebut Wi-Fi atau Wireless LAN. Adapun teknologi untuk koneksi yang menggunakan ponsel disebut dengan Tethering. Pada subbab ini kalian akan belajar bagaimana membuat koneksi dengan teknologi Wi-Fi dan tethering.

1. Wireless LAN (Wi-Fi)

Wireless LAN (WLAN) adalah jaringan komputer lokal nirkabel yang menghubungkan dua atau lebih perangkat menggunakan komunikasi nirkabel untuk membentuk jaringan area lokal (LAN) dalam area terbatas, seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, kampus, atau gedung kantor. WLAN saat ini banyak digunakan di rumah, di hotel, dan area komersial lain karena kemudahan instalasi dan penggunaannya. WLAN modern didasarkan pada standar IEEE 802.11 dan biasanya dijual dengan nama merek Wi-Fi. 

Wi-Fi awalnya diciptakan untuk menghubungkan komputer yang dekat satu sama lain yang saat ini banyak digunakan untuk koneksi internet. Wi-Fi sering disebut Wireless Fidelity yang merupakan istilah umum yang mengacu pada standar komunikasi untuk jaringan nirkabel. Saat ini, perangkat komputasi bergerak, seperti laptop, ponsel, juga kamera digital, smart TV banyak yang dilengkapi dengan peralatan yang mendukung Wi-Fi. 

Ketika sekolah/rumah kalian berlangganan internet dengan fasilitas Wi-Fi atau Wireless LAN, akan memiliki jaringan yang tampak pada Gambar 5.2. Kalian dapat membuat komputer kalian terhubung dengan internet melalui Access Point dan mengakses sumber daya yang tersedia di internet sebagai jaringan komputer terbesar di dunia.


2. Tethering

Tethering atau Phone-as-modem (PAM) adalah berbagi koneksi internet perangkat seluler (smartphone, tablet, dan lainnya) dengan komputer/ perangkat seluler lain. Tethering akan membuat perangkat seluler kita berperan sebagai modem (modulator demodulator). Modem adalah alat yang mampu menjadi media transimisi atau saluran untuk dapat berkomunikasi dengan perangkat lain, dalam hal ini modem akan menjadi media transmisi sehingga perangkat lain dapat terhubung dengan internet. 

Koneksi perangkat seluler dengan tethering dapat dilakukan dengan Wireless LAN (Wi-Fi), Bluetooth, atau dengan koneksi fisik menggunakan kabel, misal nya melalui kabel Universal Serial Bus (USB). Setelah terkoneksi dengan tethering, ponsel yang bertindak sebagai router data terkoneksi dengan beberapa komputer/ ponsel/tablet. Perangkat yang terkoneksi melalui tethering bisa terhubung dengan
internet.

Tethering membutuhkan ponsel yang memiliki chip Wi-Fi yang biasanya telah tertanam pada ponsel. Gambar 5.3 menggambarkan koneksi dengan tethering di mana smartphone (dengan logo Wi-Fi) berperan sebagai modem yang tampak seperti Access Point pada koneksi Wi-Fi pada subbab sebelumnya. Koneksi antara perangkat lain ke smartphone yang digunakan sebagai tethering yang digambarkan dengan tanda petir ( ) bisa menggunakan Wi-Fi, bluetooth, atau kabel. 


Post a Comment for "Materi Informatika Kelas 7 (Fase D) "Koneksi Internet""